Rabu, 03 Juli 2013

Taukah Anda Bintang Laut Berduri ???

Bintang laut berduri (Achantaster Planci)

anakpulauseribu.org - Bintang Laut Berduri (Achantaster Planci) merupakan salah satu organisme penghuni ekosistem terumbu karang yang berasal dari kelompok Ekinodermata (echinodermata). Bintang laut berduri ini juga sering di sebut sebagai Mahkota Berduri. Keberadaan bintang laut berduri dalam ekosistem terumbu karang merupakan salah satu syarat keseimbangan rantai makan memakan dalam ekosistem tersebut, dimana bintang laut berduri ini adalah mangsa dari Triton sp.
Namun, organisme ini kini menjadi ancaman bagi keberlangsungan kehidupan terumbu karang yang ada, dikarenakan jumlah populasi bintang laut berduri yang kian meningkat (terjadi ledakan pupolasi). Ledakan populasi ini dipicu oleh berkurangnya triton sp. yang menjadi pemangsa bagi telur-telur bintang laut berduri. Triton sp. menjadi bahan buruan masyarakat, terutama oleh nelayan. Sehingga terjadi ketidak seimbangan rantai makan memakan dalam ekosistem terumbu karang.
Bintang laut berduri ini mengancam keberadaan terumbu karang karena bintang laut berduri ini memakan polip-polip karang yang ada sehingga dapat menyebabkan kematian karang atau terjadinya proses pemutihan karang (bleaching). Dengan semakin meningkatnya populasi bintang laut berduri maka semakin cepat pula kerusakan karang yang terjadi. Untuk itulah, dirasa sangat perlu untuk memulai mengambil tindakan pencegahan.
Ledakan populasi bintang berduri ini dapat ditekan dengan kembali menyeimbangkan rantai makan memakan yang ada dalam ekosistem terumbu karang, yaitu dengan pembiakan triton sp. (pemangsa telur bintang laut berduri). Namun, tindakan instan yang dapat mulai kita lakukan sekarang adalah dengan memburu dan membunuh bintang laut berduri ini. Selain itu juga, dirasa sangat perlu untuk memberikan penyuluhan/ sosialisasi pada masyarakat pesisir, terutama nelayan untuk tidak memburu triton sp. secara berlebihan (overexploitated) sehingga tidak mengganggu kesimbangan rantai makan memakan yang ada.
Bintang laut berduri ini memiliki kemampuan yang sangat unik, yaitu dapat menumbuhkan anggota tubuhnya yang telah terputus kembali pada wilayah perairan.

1 komentar:

  1. Thanks for info ya
    Jangan lupa kunjungi website kami juga https://bit.ly/2O8CWwZ

    BalasHapus

Entri Populer